You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Bekas Puskesmas Kecamatan Cipayung Terlantar
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Warga Ingin Eks Puskesmas Kecamatan Cipayung Difungsikan

Warga Kelurahan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, berharap agar ada penambahan Puskesmas di wilayahnya. Gedung bekas Puskesmas Kecamatan Cipayung, di Jalan Lubang Buaya Raya, diminta untuk kembali difungsikan.

Daripada dikosongkan dan ditelantarkan begitu, kan sayang. Mending dimanfaatkan untuk puskesmas kelurahan. Manfaatnya lebih banyak bagi warga

Sumayati (40), warga sekitar mengatakan, sudah lebih dari satu tahun puskesmas kecamatan ini pindah ke wilayah Kelurahan Cipayung. Sehingga tidak ada aktivitas di gedung puskesmas tersebut. Warga selama ini berobat ke puskemas Kelurahan Lubang Buaya yang terletak di Jalan SPG 7.

“Gedung lama yang puskesmas kelurahan, jadi sempit kalau lagi banyak pasien. Inginnya bekas puskemas kecamatan ini difungsikan lagi saja, jadi warga bisa lebih leluasa memilih saat ingin berobat,” ujar Sumiyati, Kamis (29/10).

Puskesmas Tanjung Priok Terapkan Layanan Jemput Bola

 

Pantauan Beritajakarta.com, gedung puskesmas yang terletak di Jalan Lubang Buaya Raya kondisinya tertutup rapat. Pintu pagar utama setinggi sekitar 1,5 meter yang berada di sisi utara, digembok dan dirantai. Demikian halnya pintu pagar kecil di sisi selatan digembok. Kondisi bangunan itu terlihat sudah tidak terawat lagi. Plafon, listplang sudah banyak keropos akibat dimakan rayap. Sedangkan keramik lantai sudah mulai retak.

Lurah Lubang Buaya, Ahmad Fathoni saat dikonfirmasi membenarkan bahwa bekas Puskesmas Kecamatan Cipayung ini terlantar. Gedungnya dikosongkan begitu saja tanpa dimanfaatkan untuk apapun. Ia juga berharap agar puskesmas ini dihidupkan kembali.

“Saya juga setuju kalau puskesmas itu dijadikan puskesmas kelurahan. Daripada dikosongkan dan ditelantarkan begitu, kan sayang. Mending dimanfaatkan untuk puskesmas kelurahan. Manfaatnya lebih banyak bagi warga,” kata Fathoni.

Fathoni mengaku sudah berbicara dengan Sudin Kesehatan Jakarta Timur terkait keinginan warga tersebut. Hanya saja hingga saat ini belum ada keputusan dari pihak terkait.

Untuk diketahui, di Kelurahan Lubang Buaya ini saat ini jumlah penduduknya mencapai 20 ribu KK dengan 68.500 jiwa. Mereka tinggal di 113 RT dan 12 RW. Adapun luas wilayah kelurahan Lubang Buaya ini mencapai 272 hektare.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1792 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pencairan Bansos PKD DKI 2024 Tahap Ketiga Rampung

    access_time20-09-2024 remove_red_eye1473 personBudhi Firmansyah Surapati
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1376 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1229 personNurito
  5. JakLingko Indonesia Raih Penghargaan DTKJ Awards 2024

    access_time21-09-2024 remove_red_eye1046 personAldi Geri Lumban Tobing